Pembekalan Anggota BEM dan HIMA

YOGYAKARTA Sabtu (19/9), Kampus ASMI Santa Maria kembali mengadakan pelatihan bagi Mahasiswa. Pada pelatihan kali ini, mengambil tema pelatihan kepemimpinan dan jurnalistik. Pelatihan tersebut di mulai pada pukul 07.45WIB- 12.00WIB dan ikuti oleh 38 Mahasiswa yang terdiri dari seluruh anggota BEM (Badan Eksekutif Mahasiswa) dan perwakilan dari HIMA (Himpunan Mahasiswa) Prodi Manajemen Perusahaan, Prodi Sekertari, dan Prodi Public Relations ditambah dua orang pembicara yakni Dosen ASMI Santa Maria G.M. Bambang S Hastono, S.IP.,MM dan Z Bambang Darmadi. Acara tersebut dilaksanakan di ruang Lab. Komunikasi ASMI Santa Maria.

PEMBEKALAN ANGGOTA BEM 2015Pada acara pembekalan tersebut sesi pertama diisi dengan materi kepemimpinan yang disampaikan oleh G.M. Bambang S Hastono, S.IP.,MM yang isinya adalah penyampaian 9 prinsip-prinsip kepemimpinan (Dale Carnagie) yakni salah satu prinsip yang harus diketahui oleh seorang calon pemimpin adalah, kalau anda harus mencari kesalahan orang lain, mulailah dengan pujian dan penghargaan yang jujur. Dalam penyampaiannya juga dikatakan bahwa seorang pemimpin juga harus berjiwa seni untuk mempersuasi anggota supaya setiap anggota mampu meningkatkan rasa empati mereka. Seorang pemimpin juga harus mempunyai tingkat ketelitian yang tinggi dalam mengatasi segala sesuatu, baik masalah kecil atau besar.

Pada sesi kedua, Bapak Z Bambang Darmadi menyampaikan bahwa untuk menjadi seorang Jurnalis kita harus duduk dan memulai. Setiap kegiatan yang ada harganya dan itu penting dapat menjadi berita dengan langkah selanjutnya yakni duduk dan mulai menulis. Menulis Jurnalistik juga tidak bisa sembarangan, namun harus mematuhi beberapa kaidah dan aturan serta kelengkapan isi yang ada, seperti 5W1H (What, Who, When, Where, Why, dan How) atau dalam bahasa Indonesia kita kenal denga apa, siapa, kapan, dimana, mengapa, dan bagaimana. Dalam sebuah karya jurnalistik seperti Pers Release juga akan sangat didukung dengan adanya bukti otentik yang berupa foto kegiatan tersebut.

Dalam sela-sela waktu kosong, acara pelatihan kepemimpinan tersebut juga diisi dengan beberapa games yang dibawakan oleh pengisi acara. Games tersebut dilaksanakan supaya para Mahasiswa yang mengikuti acara tersebut tidak bosan dan mengantuk, namun membuat semangat para Mahasiswa menjadi tambah bersemangat dan ingin ikut serta lagi dalam kegiatan yang serupa. Acara pelatihan kepemimpinan tersebut ditutup dengan acara makan bersama yang sudah disediakan oleh kampus ASMI Santa Maria. ***(Yoel Dede Febrian/ Mahasiswa Public Relations ASMI Santa Maria).

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.