Program Studi Public Relations

Visi:Menjadi program studi yang menghasilkan lulusan berintegritas dan andal di bidang Kehumasan
Nilai-nilai Dasar yang Menjadi Tuntunan:
1. Deus  Providebit:  bahwa  penyelenggaraan  Program  Studi  Hubungan  Masyarakat  secara  aktif  dan kompetitif didasarkan pada keyakinan penyelenggaraan Tuhan.
2. Spiritualitas Fransiskan:  bahwa  penyelenggaraan Program Studi  Hubungan Masyarakat  dijiwai oleh semangat persaudaraan sejati.
3. Kedisiplinan:  bahwa  penyelenggaraan  Program  Studi  Hubungan  Masyarakat  dilakukan  dengan  sikap dan perilaku disiplin untuk mencapai keberhasilan.
Misi:1. Menyelenggarakan kegiatan pendidikan dan pengajaran yang mengacu pada Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI) bidang kehumasan dengan mengembangkan pengetahuan (knowledge), keterampilan (skill), dan sikap (attitude) untuk meluluskan calon-calon ahli madya bidang kehumasan sesuai dengan kebutuhan masyarakat lokal, nasional, maupun global.
2. Menyelenggarakan kegiatan penelitian yang mendukung peningkatan kualitas pendidikan dan
pengajaran serta pengembangan masyarakat.
3. Menyelenggarakan kegiatan pengabdian kepada masyarakat yang mendukung pengembangan
masyarakat, kualitas pendidikan dan pengajaran, serta penelitian.

Program Studi Hubungan Masyarakat ASM Marsudirini Santa Maria Yogyakarta, mulai beroperasional sejak tahun 1999. Saat ini Program Studi Hubungan Masyarakat memperoleh status terakreditasi dengan peringkat B, berdasarkan SK Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) nomor 3553/SK/BAN-PT/Akred/Dipl-III/IX/2019.
Prodi Hubungan Masyarakat (Public Relations) dikembangkan dengan visi “Menjadi program studi dalam menghasilkan lulusan yang memiliki integritas dan andal di bidang kehumasan”. Melalui visi tersebut, prodi Humas menghasilkan lulusan yang diharapkan bertanggungjawab pada berbagai jenis pekerjaan di bidang kehumasan, melalui kompetensi khususnya dalam bidang publikasi dan pengelolaan media, pengelolaan media baru untuk kepentingan perusahaan, serta sebagai praktisi di bidang komunikasi pemasaran.

Strategi pembelajaran dilakukan dengan mengembangkan kurikulum yang menekankan pada pencapaian kompetensi dengan menekankan aspek pembelajaran yang bersifat praktek. Hal tersebut didukung dengan mengembangkan softskill baik melalui kegiatan kurikuler, kokurikuler maupun ekstra kurikuler, sehingga mampu menghasilkan lulusan yang memiliki sikap mental yang positif.

Melalui strategi tersebut, saat ini prodi Humas telah mampu menghasilkan lulusan yang bekerja di bidang kehumasan maupun bidang lain yang terkait, baik di instansi pemerintah, Lembaga Pendidikan dan Kesehatan, perusahaan dan industri lainnya, maupun mengembangkan diri dalam berwirausaha.
Untuk mengembangkan keilmuan dan mewujudkan peran serta dalam pengembangan masyarakat, Prodi Humas juga menyelenggarakan berbagai pelatihan di bidang kehumasan untuk berbagai lembaga, komunitas dan organisasi lainnya. Disamping itu, kegiatan mahasiswa pada program studi diarahkan untuk memberikan manfaat luas bagi masyarakat, diantaranya mengadakan pameran, bakti sosial dan kegiatan pengembangan lainnya.

LINKS

  1. Panduan Studi Program Studi