Dalam rangka memperingati Dies PS (Pendidikan Sekretari) – ASMI Santa Maria yang ke-42, Jumat 10/2 di kampus setempat Jl. Bener 14 diperingati dengan kegiatan seminar bagi para dosen dan karyawan dengan tema “ Educational Migrations in Indonesia: A Presentation and Disscussion about Eastern Indonesian to Java. ” Dalam paparannya Chris Foertsch, MA  antropologi peneliti dari Amerika Serikat mengatakan bahwa peran penting komunikasi antara pendatang dengan warga setempat menjadi bagian yang sangat krusial untuk ditumbuhkembangkan dan pentingnya saling memahami antar kedua belah pihak.

Usai kegiatan seminar dilanjutkan dengan Misa Syukur bersama. Misa dipimpin oleh Rm.Petrus, SCJ yang merupakan alumni ASMI Santa Maria dari program studi Public Relations angkatan 2001/2002 dengan didampingi oleh Rm. G. Jenli, SCJ. Dalam homilinya Rm. Petrus SCJ mengenang masa lalu saat menjadi mahasiwa di ASMI Santa Maria ternyata dengan bekal ilmu public relations menjadi sangat bermanfaat dalam kegiatan pewartaan. Lebih lanjut Rm. Petrus SCJ sangat bersyukur dapat menyelesaikan studi di ASMI Santa Maria dan terpanggil masuk Kongregasi,  itu semua berkat rahmat Allah dalam menuntun hidupnya. Sebagai  Imam yang lebih penting adalah memiliki kuasa untuk melayani pada siapapun.

Pada bagian lain Sr. M. Vincentine OSF, S.Pd, MM selaku Direktur mengajak pada kita semua bahwa perayaan Dies ke-42 ini untuk mengawali pembukaan program D-IV program studi sekretari sekaligus untuk bersyukur atas tabisan Rm. Petrus SCJ sebagai alumni ASMI Santa Maria dan kiranya semua yang ada di lembaga ini untuk mampu mengenang cinta pertama dengan ASMI Santa Maria dan mampu menikmati dari masing-masing tugasnya. Usai Misa Syukur dilanjutkan dengan kegiatan ramah-tamah, terdapat tiga tumpeng yang menandai Perayaan Dies ke-42 ASMI Santa Maria. Pemotongan tumpeng pertama dilakukan oleh Sr. M. Vincentine OSF, dan diserahkan pada Sr. M. Theresiani OSF selaku pimpinan komunitas Biara OSF Bener, pemotongan tumpeng kedua dilakukan oleh Lukas Dwiantara, SIP, M.Si selaku Wakil Direktur II dan diserahkan pada Drs. PC. Bambang Herimanto, MM sebagai dosen yang paling lama berkarya, sedangkan pemotongan tumpeng ketiga dilakukan oleh Indri Erkaningrum Fk, SE, M.Si sebagai Wakil Direktur I dan diserahkan pada Wasirat karyawan yang terlama bekerja di ASMI Santa Maria. *).Z. Bambang Darmadi/Staf pengajar ASMI Santa Maria