Secara kronologis perkembangan ASMI Santa Maria Yogyakarta dapat diurutkan sebagai berikut :

  1. Pendidikan Sekretaris (PS) Tahun 1975-1977 (lama studi 1 tahun)
    Pendidikan Sekretaris Santa Maria ini didirikan tanggal 10 Februari 1975 oleh Tarekat Suster-suster Santo Fransiskus Semarang yang berkarya di Yogyakarta dan ketika itu berstatus Terdaftar pada Kantor Pembinaan Urusan Khusus Kanwil Depdikbud Propinsi Daerah Istimewa Yogyakarta.
  2. Lembaga Pendidikan Kejuruan (LPK) Tahun 1978-1982 (lama studi 2 tahun)
    Lembaga Pendidikan Kejuruan (LPK) Santa Maria ini merupakan pengembangan dari Pendidikan Sekretaris Santa Maria, dengan masa studi 1 tahun dan 2 tahun. Pada tahun 1979 LPK Santa Maria berhasil membangun gedung sendiri sebagai tempat pelaksanaan pendidikan dan praktikum. Gedung ini berlokasi di Jalan Bener 14, Tegalrejo, Yogyakarta.
  3. Lembaga Pendidikan Kejuruan (LPK) Tahun 1983-1986 (lama studi 3 tahun)
    Sejak tahun 1983 lama studi LPK Santa Maria meningkat menjadi 3 tahun.
  4. Akademi Sekretari dan Manajemen Marsudirini (ASMI) Tahun 1987- sekarang.
    a)
    Pimpinan LPK Santa Maria melakukan alih bentuk dan alih fungsi dari LPK menjadi Perguruan Tinggi Swasta (PTS) dengan nama Akademi Sekretari dan Manajemen Marsudirini (ASMI) Santa Maria Yogyakarta pada tahun 1987.
    b)
    ASMI Santa Maria Yogyakarta memperoleh status Terdaftar untuk Program Studi Sekretari dan Manajemen Umum pada tahun 1988.
    c)
    ASMI Santa Maria Yogyakarta membuka Program Studi Manajemen Relasi Publik pada tahun 1999.
    d)
    Jurusan Sekretari memperoleh status disamakan pada tahun 1995 dan memperoleh kembali SK Penetapan kembali status disamakan pada tahun 2001.
    e)
    Program Studi Manajemen Relasi Publik menjadi Program Studi Hubungan Masyarakat sesuai dengan Surat Keputusan Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi Depdiknas Nomor 163/DIKTI/Kep 2007 tentang Penataan dan Kodifikasi Program Studi pada Perguruan Tinggi.
    f)
    Program Studi Sekretari, Program Studi Manajemen Perusahaan  dan Program Studi Hubungan Masyarakat menerima Status Akreditasi B pada tahun 2014.

Visi, Misi, dan Tujuan
Sebagai salah satu unit karya Suster-suster Ordo Santo Fransiskus (OSF) yang berpusat di Semarang, ASMI Santa Maria mempunyai Visi, Misi, dan Tujuan sebagai berikut:

Visi
Menjadi institusi pendidikan tinggi program vokasional yang unggul, disiplin,  berintegritas berlandaskan iman Kristiani Deus Providebit dan persaudaraan Fransiskan.

Misi
Menyelenggarakan pendidikan tinggi berbasis vokasi untuk menyediakan sumber daya manusia mandiri dan profesional.

  1. Melaksanakan pendidikan dan pengajaran sesuai dengan kompetensi profesi yang dibutuhkan masyarakat lokal, nasional, dan global, baik sebagai sekretaris, staf kantor, manajer madya, maupun staf humas (public relations officer).
  2. Melaksanakan pendidikan yang mengembangkan iman Kristiani Deus Providebit dan persaudaraan Fransiskan.
  3. Melaksanakan pembelajaran yang mengembangkan penguasaan bahasa asing dan teknologi informasi.
  4. Mengembangkan penelitian yang mampu mendukung peningkatan kualitas pendidikan dan pengajaran serta pengabdian kepada masyarakat.
  5. Mengembangkan pengabdian kepada masyarakat guna mendukung peningkatan kualitas pendidikan dan pengajaran serta penelitian.

Tujuan
Mempersiapkan dan menyediakan sumber daya manusia yang profesional, unggul, dan memiliki semangat persaudaraan Fransiskan dan keharmonisan kemampuan intelektual, emosional, dan religiositas, serta mampu mengembangkan diri secara terus menerus.

Mempersiapkan dan menyediakan sumber daya manusia yang memiliki kompetensi yang sesuai dengan kebutuhan masyarakat lokal, nasional, dan global dalam bidang kesekretariatan, manajemen, dan public relations.

Menghasilkan karya penelitian yang mampu mendukung peningkatan kualitas pendidikan dan pengajaran, serta pengabdian kepada masyarakat.

Menghasilkan karya pengabdian kepada masyarakat yang mampu mendukung peningkatan kualitas pendidikan dan pengajaran, serta penelitian.

Nilai-Nilai Pelayanan
Spiritualitas : Persaudaraan
Kharisma : Deus Providebit (Tuhan Yang Menyelenggarakan)
Motto : Mendisiplin Diri Merupakan Kunci Keberhasilan

Lambang dan Makna

Lambang ASMI Santa Maria Yogyakarta

  • Gambar segi lima sebagai simbol dasar falsafah Pancasila
  • Lingkaran melambangkan dunia global
  • Pena melambangkan ilmu pengetahuan dan teknologi
  • Bunga leli putih melambangkan kesucian dan kemurnian
  • Latar belakang yang berbentuk salib melambangkan jiwa kristiani
  • Warna biru melambangkan kesederhanaan
  • Warna kuning melambangkan harapan

Bendera
Bendera ASMI Santa Maria Yogyakarta terdiri dari warna biru sebagai latar belakang dengan logo ASMI Santa Maria Yogyakarta di tengahnya yang berukuran 2 : 3 dengan semboyan “Maria Sacratissima Ora Pro Nobis” yang berarti : Maria Tersuci Doakanlah Kami.

LOKASI ASMI SANTA MARIA JOGJA

 

Leave a Reply