Keberadaan ASMI Santa Maria Yogyakarta sebagai salah satu Perguruan Tinggi Swasta di Indonesia, khususnya di lingkungan Kopertis Wilayah V Daerah Istimewa Yogyakarta, tidak dapat lepas dari perkembangan Lembaga Pendidikan Sekretaris yang merupakan cikal bakalnya, terutama dalam hal kemampuan, kemauan, tekad, dan semangat kerja para personil-personilnya guna menanggapi tuntutan kebutuhan tenaga kerja profesional pada saat itu.

Cikal-bakal ASMI Santa Maria Yogyakarta berawal dari Lembaga Pendidikan Sekretaris dan Lembaga Pendidikan Kejuruan. Pada awal tahun 1975 sebuah lembaga kursus Sekretaris didirikan atas prakarsa Bapak Tugimo Rahardjo dan Sr. M. Leonarda Djariah OSF dibantu oleh Sr. Mari Jose Mardiati OSF dan Sr. M. Bernadette Murtinah OSF. Pada bulan Agustus 1975, Sr. M. Assumpta Rumanti OSF datang untuk menyelenggarakan kursus tersebut bersama Bapak Tugimo Rahardjo. Pada bulan Januari 1977 Bapak FX. Nadar mulai bergabung dan dibantu oleh beberapa tenaga pengajar serta berbagai pihak, maka perencanaan dan pengembangan Pendidikan Sekretaris ditingkatkan menjadi Pendidikan Kejuruan. Kemudian berkembang menjadi ASMI Santa Maria Yogyakarta. Semua perkembangan tersebut berpedoman pada ketentuan kebijakan Suster-Suster OSF (Ordo Santo Fransiskus Asisi) Semarang didalam menjalankan karya-karya Pendidikan.

Secara kronologis perkembangan ASMI Santa Maria Yogyakarta dapat diurutkan sebagai berikut:

  1. Pendidikan Sekretaris (PS) Tahun 1975-1977 (lama studi 1 th)

  2. Lembaga Pendidikan Kejuruan (LPK) Tahun 1978-1982 (lama studi 2 tahun)

  3. Lembaga Pendidikan Kejuruan (LPK) Tahun 1983-1986 (lama studi 3 tahun)

  4. Akademi Sekretari dan Manajemen Marsudirini (ASMI) Tahun 1987- sekarang

1. PENDIDIKAN SEKRETARIS (PS): 1975 – 1977

Pendidikan Sekretaris (PS) Santa Maria Yogyakarta pada mulanya dimaksudkan untuk membantu Iulusan-lulusan SLTA yang tidak dapat melanjutkan studi di Perguruan Tinggi Negeri maupun Perguruan Tinggi Swasta, atau juga para mahasiswa yang mengalami “drop-out” karena kemampuan mereka sangat terbatas. Pendidikan Sekretaris Santa Maria Yogyakarta dipromosikan lebih lanjut untuk menambah pengetahuan dan keterampilan para karyawan atau lulusan SLTA yang sudah bekerja guna memenuhi motivasi pengembangan sesuai tuntutan dunia kerja.

Pendidikan Sekretaris Santa Maria Yogyakarta didirikan pada tanggal 10 Februari 1975 oleh Tarekat Suster-suster Santo Fransiskus Asisi Semarang yang berkarya di Daerah Istimewa Yogyakarta dan ketika itu berstatus Terdaftar pada Kantor Pembinaan Urusan Khusus Kanwil Depdikbud Propinsi Daerah Istimewa Yogyakarta. Tempat penyelenggaraan Pendidikan Sekretaris Santa Maria Yogyakarta ketika itu masih menjadi satu dengan SMA Santa Maria Yogyakarta yang berada di Jalan Brigjen Katamso 2 Yogyakarta. Kegiatan Belajar Mengajar biasa dilakukan pada sore hari karena pada pagi hari ruang-ruang tersebut digunakan oleh SMA Santa Maria Yogyakarta. Pada awal mulanya, Pendidikan Sekretaris Santa Maria Yogyakarta ini hanya memiliki fasilitas dan sarana pendukung proses belajar-mengajar yang sangat minimal sehingga belum memadai untuk menjalankan pembelajaran yang optimal

2. PENDIDIKAN KEJURUAN (LPK): 1978 – 1986

Lembaga Pendidikan Kejuruan (LPK) Santa Maria Yogyakarta merupakan pengembangan dari Lembaga Pendidikan Sekretaris Santa Maria Yogyakarta dengan masa studi 1 tahun, 2 tahun dan akhirnya berkembang menjadi 3 tahun. Keberadaan lembaga kejuruan diharapkan dapat menciptakan lulusan yang benar-benar siap kerja dalam menghadapi persaingan yang semakin kuat dan ketat.

Namun perjuangan tersebut mengalami banyak tantangan yang terkait dengan keterbatasan fasilitas sarana pendidikan yang belum lengka seperti peralatan Laboratoriun Mesin Tik, Administrasi Perkantoran, Komputer, Bahasa, dan Mesin Kantor tetapi berkat usaha penyelenggaraan lembaga pendidikan yang berprinsip pada disiplin, moral kerja, efisiensi dan efektivitas kerja yang sangat tinggi, pada tahun 1979 LPK Santa Maria Yogyakarta berhasil membangun gedung sendiri sebagai tempat pelaksanaan pembelajaran dan pratikumnya. Gedung tersebut berlokasi di Jalan Bener 14, Kecamatan Tegalrejo, Daerah Istimewa Yogyakarta 55243.

3. ASMI SANTA MARIA YOGYAKARTA: 1987 – SEKARANG

Setelah mempertimbangkan secara keseluruhan memperoleh tanggapan baik dari masyarakat, keluarga dan berbagai instansi serta perusahaan maka pada tahun 1987 LPK Santa Maria Yogyakarta beralih bentuk dan fungsi dari LPK menjadi Perguruan Tinggi Swasta (PTS) dengan nama Akademi Sekretari dan Manajemen Marsudirini (ASMI) Santa Maria Yogyakarta. Tahun 1986 pimpinan mengajukan permohonan izin operasional kepada pemerintah. Pada tanggal 4 Juni 1987 terbitlah Surat Keputusan Koordinator Kopertis Wilayah V DIY N0.162/Kop.VlD.2Nl/1987 yang isinya, bahwa ASMI Santa Maria Yogyakarta diperkenankan untuk menerima mahasiswa baru sesuai ketentuan yang berlaku mulai dengan tahun akademik 1987/1988.

Tanggal 9 Juni 1988 ASMI Santa Maria Yogyakarta memperoleh status Terdaftar dalam SK Mendikbud R.I No.0266/011988 tentang Pemberian Status Terdaftar kepada Jurusan/Program studi di lingkungan ASMI Santa Maria yang meliputi:

    1. Jurusan Sekretari Program Studi Kesekretariatan

    1. Jurusan Manajemen Program Studi Manajemen Umum

3.a. Jurusan Sekretari Program Studi Kesekretariatan

Sejak penerimaan SK status Terdaftar, Jurusan Sekretari Program Studi Kesekretariatan mulai menerima mahasiswa baru tahun akademik 1991/1992. Lima Tahun setelah menerima SK Terdaftar, pada tanggal 26 April 1993 ASMI Santa Maria Yogyakarta memperoleh SK Dirjen Dikti No. 229/DIKTI/Kep/1993 mengenai peningkatan status Diakui bagi Jurusan Sekretari. Dua Tahun berikutnya, tepatnya tanggal 23 Juni 1995 Jurusan Sekretari Program Studi Kesekretariatan ASMI Santa Maria Yogyakarta memperoleh Status Disamakan yang tertuang dalam Surat Keputusan Dirjen Dikti No. 316/DIKTI/Kep/1995.

Pada tanggal 8 Februari 2001 Program Studi Kesekretariatan pada Jurusan Sekretari mendapatkan penetapan kembali status Disamakan yang tertuang di dalam Surat Keputusan Dirjen Dikti Nomor: 42/DIKTI/Kep12001. Bersamaan dengan itu pula, nama Program Studi Kesekretariatan disesuaikan dengan nama baku yang ditetapkan pemerintah, yakni Program Studi Sekretari.

3.b. Jurusan Manajemen Program Studi Manajemen Umum

Adapun untuk Jurusan Manajemen, meskipun baru dibuka mulai tahun akademik 1991/1992, jumlah mahasiswanya mengalami peningkatan yang cukup menggembirakan. Hal ini merupakan suatu kemajuan dan perkembangan positif yang dimiliki oleh Jurusan Manajemen, oleh karena itu maka diusulkan untuk memperoleh status Disamakan. Hal ini pula membutuhkan berbagai Revisi untuk mempermudah pengambilan keputusan terkait dengan judul mata kuliah yang diampu dalam program studi Manajamen Umum, sehingga program studi tersebut berubah nama menjadi Manajemen Perusahaan.

ASMI Santa Maria Yogyakarta berupaya senantiasa mengembangkan diri dalam berbagai hal, baik sarana, prasarana, maupun sumber daya manusianya sesuai kebutuhan masyarakat dan tuntutan zaman. Setelah melewati proses yang cukup panjang, akhirnya ASMI Santa Maria Yogyakarta dikabulkan permohonannya oleh pemerintah untuk membuka program studi Public Relations, yakni Program Studi Manajemen Relasi Publik, Jenjang Program D III, tepatnya pada tanggal 22 September 1999, dengan SK Dirjen Dikti nomor 416/DIKTI/Kep/1999, status Terdaftar.

Pengembangan kualitas pembelajaran pun senantiasa dikembangkan, antara lain dengan melakukan pembaharuan kurikulum, perubahan kelas-kelas besar menjadi kelas-kelas kecil, intensifikasi pembinaan dan pembimbingan mahasiswa dan penambahan kuliah bahasa Inggris agar lulusan benar-benar handal dan mampu terjun aktif dalam dunia global. Selanjutnya dalam rangka meningkatkan profesionalitas, kualitas dan akuntabilitas penyelenggaraan pendidikan, maka ASMI Santa Maria mengajukan usulan akreditasi kepada pemerintah yang ditangani langsung oleh Badan Akreditasi Nasional (BAN) Perguruan Tinggi. Berdasarkan keputusan Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi Departemen Pendidikan Nasional Republik Indonesia, bagi ketiga Program Studi ASMI Santa Maria untuk berstatus Terakreditasi dengan Surat Keputusan (SK) nomor : 002/BAN-PT/Ak-I/Dpl-III/IV/2002 tanggal 4 April 2002 tentang Hasil dan Peringkat Akreditasi Program Studi untuk Program Diploma di Perguruan Tinggi.

Pada tahun 2009 ASMI Santa Maria mengajukan lagi usulan penilaian akreditasi kepada BAN-PT Depdiknas. Berdasarkan hasil penilaian dari BAN-PT Depdiknas, pada tahun 2009 tersebut ketiga program studi di ASMI Santa Maria memperoleh status terakreditasi dengan peringkat B.

  • Status terakreditasi dengan peringkat B untuk Program Studi Sekretari dengan SK nomor : 019/BAN-PT/Ak-IX/Dpl-III/VIII/2009 tanggal 28 Agustus 2009;

  • Status terakreditas dengan peringkat B untuk Program Studi Manajemen Perusahaan dengan SK nomor : 009/BAN-PT/Ak-IX/Dpl-III/VI/2009 tanggal 26 Juni 2009;

  • Status terakreditas dengan peringkat B untuk Program Studi Hubungan Masyarakat (PR) dengan SK nomor : 013/BAN-PT/Ak-IX/Dpl-III/VII/2009 tanggal 23 Juli 2009;

4. PENYELENGGARA ASMI SANTA MARIA

Seperti dikemukakan di depan, ASMI Santa Maria Yogyakarta merupakan singkatan dari Akademi Sekretari dan Manajemen Marsudirini (ASMI) Santa Maria Yogyakarta. Kata MARSUDIRINI pada mulanya berasal dari nama Yayasan yang mengelola ASMI Santa Maria, yaitu Yayasan Marsudirini Yogyakarta. ASMI Santa Maria Yogyakarta dan Yayasan Marsudirini Yogyakarta merupakan salah satu bentuk karya dari tarekat Suster-Suster Santo Fransiskus Asisi yang berpusat di Semarang. Pendidikan Sekretaris dan Lembaga Pendidikan Kejuruan Santa Maria dikelola oleh Yayasan Marsudirini Cabang Yogyakarta, namun untuk keperluan pendirian ASMI Santa Maria Yogyakarta, tanggal 28 April 1981 dibentuklah sebuah yayasan yang bernama Yayasan Marsudirini Yogyakarta berdasarkan Akte Notaris RM. Saerjanto Partaningrat No.166 sebagai yayasan pengelola ASMI Santa Maria Yogyakarta, hingga sekarang.

LOKASI ASMI SANTA MARIA JOGJA

 

Leave a Reply