Dalam rangka sosialisasi dan sinkronisasi visi misi, dan mendengarkan masukan dari stakeholder eksternal, bertempat di ruang Komunikasi Asmi Santa Maria Yogyakarta, Sabtu 13 Januari 2018 telah diselenggarakan workshop bersama stakeholders eksternal. Acara dihadiri oleh para dosen,, perwakilan alumni dari tiga program studi (Program Studi Sekretari, Program Studi Manajemen, dan Program Studi Hubungan Masyarakat), pengguna dan kalangan akademisi).

Sr. M.Vinncentine, OSF,S.Pd,MM selaku Direktur ASMI Santa Maria Yogyakarta dalam sambutannya memperkenalkan ASMI Santa Maria kepada para stakeholder yang hadir melalui profil perusahaan, dan pencapaian-pencapaian yang telah berhasil diraih ASMI, juga berbagai tantangan yang dihadapi saat ini. Pada kesempatan tersebut sr Direktur juga menyampaikan permohonan kepada para stakeholder yang hadir untuk memberikan masukan untuk ASMI Santa Maria

Acara diawali dengan paparan yang disampaikan oleh Wakil Direktur I, Lukas Dwiantara, S.I.P.,M.Si dan dipandu oleh moderator Drs Suraja, M.Si.,M.M. Dalam paparannya Wadir I menyampaikan rancangan Renstra Penyampaian rancangan Renstra 2017 – 2022, tonggak-tonggak capaian/milestone, perumusan strategi dan analisis SWOT dan strategi pengembangan lima  bidang (pendidikan, penelitian, pengabdian, kemahasiswaan, organisasi). Berdasarkan paparan I diperoleh banyak masukan yang berharga dari stakeholder yang hadir.

Dr. Ratminto memberikan beberapa masukan terkait rumusan Renstra yang lebih detail lebih kongkrit dan focus. Sementara itu  B. Widihandayani sebagai ketua Ikatan Alumni ASMI Santa Maria (IKASTAMA) memberikan beberapa masukan untuk pengembangan ASMI diantaranya bahwa lulusan ASMI sudah harus berfikir jauh ke depan untuk menjadi, founder, owner tidak sekedar level pekerjajuga pentingnya membangun netwoeking yang kuat tanpa mengabaikan kurikulum yang  menekankan pendidikan moral; kemampuan dan inisiatif mahasiswa; personality sebagai bagian dari yang ingin dicapai (***)